Pasang Telkom

Jan 10, 2017 – Masih ingat tidak zaman dahulu kalau kita ingin ngobrol bersama teman-teman? Kita selalu menggunakan telepon rumah … Meskipun saat ini pendapatan dari telepon rumah kurang bergairah, PT Telkom tetap melayani permintaan pemasangan baru telepon rumah.
Modul ini berisi mengenai informasi layanan dari Telkom Indonesia berupa pemasangan baru, cek tagihan telepon, dan pengaduan atau saran.

Cara Mengurus Sertifikat Tanah Girik

Begini Cara Mengurus Sertifikat Tanah Girik

Minggu, 29 Januari 2017 | 12:30 WIB
KOMPAS.com/SRI LESTARIIlustrasi sertifikat tanah

JAKARTA, KOMPAS.com – Tanah girik pada dasarnya adalah jenis tanah milik adat yang konversi haknya ke negara belum didaftarkan melalui Kantor Pertanahan.

Bukti girik yang ada selama ini hanyalah bukti kekuasaan bidang tanah tersebut dan bukti bahwa pajak tanah tersebut telah dibayarkan oleh pemilik girik, ini berarti bukti girik bukanlah bukti hak atas tanah.

Sertifikasi tanah girik masih tidak dilakukan oleh masyarakat karena minimnya pengetahuan mengenai proses konversi tersebut.

Padahal seharusnya menurut UU No. 5 Tahun 1960 atau UUPA (Undang Undang Pokok Agraria), seluruh tanah yang belum memiliki sertifikat (termasuk juga tanah girik) harus didaftarkan konversi haknya ke negara melalui Kantor Pertanahan setempat.

Kemudian, dijadikan salah satu jenis hak yang terdapat di dalam UUPA, yaitu Hak Milik, HGB (Hak Guna Bangunan), Hak Pakai, HGU (Hak Guna Usaha) dan lainnya.

Berikut adalah cara untuk mengurus sertifikat tanah girik:

1.    Langkah pertama adalah pengurusan surat di Kantor Kelurahan atau Kantor Desa.

Beberapa surat yang harus Anda urus yaitu:

a.    Surat Keterangan Tidak Sengketa, surat ini ditandatangani oleh Lurah atau Kepala Desa setempat dan dihadiri oleh saksi-saksi yang biasanya adalah pejabat RT (Rukan Tetangga) dan RW (Rukan Warga) setempat, atau pada daerah yang tidak ada RT/RW akan dihadiri oleh tokoh adat setempat.

b.    Surat Keterangan Riwayat Tanah, yang menceritakan riwayat penguasaan tanah dari masa awal hingga saat ini.

c.    Surat Keterangan Penguasaan Tanak Secara Sporadik yang berguna untuk memastikan bahwa pemohon menguasai bidang tanah tersebut. Surat ini dibuat oleh pemohon dan diketahui oleh lurah atau kepala desa.

2.    Langkah kedua adalah pengurusan tanah girik menjadi sertifikat di Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia (BPNRI).

Tahapannya yaitu:

a.    Mengajukan permohonan berkas di loket penerimaan dengan melampirkan dokumen berupa:
i.      Asli girik atau fotokopi letter C
ii.     Asli ketiga surat-surat yang telah Anda urus di Kantor Kelurahan (poin 1)
iii.    Bukti-bukti peralihan (jika ada) tidak terputus sampai dengan pemohon sekarang
iv.    Fotokopi KTP (Kartu Tanda Penduduk) dan KK (Kartu Keluarga)
v.     Fotokopi SPPT PBB (Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang Pajak Bumi dan Bangunan)   tahun berjalan dengan disertakan bukti pembayaran
vi.    Surat kuasa jika memang pengurusan sertifikat tersebut dikuasakan
vii.   Surat pernyataan sudah memasang tanda batas
viii.  Dokumen lainnya sesuai dengan persyaratan Undang Undang

b.    Setelah berkas permohonan lengkap, petugas Pertanahan akan melakukan pengukuran ke lokasi dengan bantuan pemohon atau kuasanya untuk menunjukkan batas-batas kekuasaan atas tanah tersebut. Pengukuran ini harus disertai dengan surat tugas pengukuran dari Kepala Kantor Pertanahan.

c.    Penerbitan Surat Ukur, surat yang berisi hasil pengukuran lokasi yang telah dicetak dan dipetakan di BPN (Badan Pertahanan Nasional) dan disahkan oleh Kepala Seksi Pengukuran dan Pemetaan. Untuk mempercepat prosesnya, Anda dapat melakukan poin (g) setelah Surat Ukur diterbitkan.

d.    Penelitian oleh petugas Panitia A yang terdiri dari petugas BPN, Lurah atau Kepala Desa setempat

e.    Sesuai dengan Pasal 26 PP No. 24 Tahun 1997, selama 60 (enam puluh) hari,  data yuridis akan diumumkan di Kelurahan dan BPN

f.    Terbitnya SK (Surat Keputusan) Kepala Kantor Pertanahan tentang pemberian hak atas tanah, pada tahap ini, hak tanah girik telah berubah menjadi sertifikat. SK Hak ini akan menjalani proses sertifikasi pada bagian Sub Seksi Pendaftaran Hak dan Informasi (PHI) setelah poin (g) dipenuhi.

g.    Pembayaran BPHTB (Bea Perolehan Hak atas Tanah) yang wajib dilakukan karena sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Dasar pengenaan BPHTB adalah NJOP (Nilai Jual Objek Pajak) dan juga luas tanah.

h.    Pendaftaran SK Hak untuk diterbitkan sertifikat

i.    Jika sertifikat telah ditandatangani, maka sertifikat akan dinyatakan selesai dan pengambilan sertifikat dapat dilakukan melalui loket pengambilan

Penuhi syarat agar proses lebih cepat

Sebaiknya Anda memenuhi seluruh kelengkapan dokumen dan syarat yang diminta agar proses sertifikasi berjalan lebih cepat.

Biasanya proses ini memakan waktu kurang lebih 6 (enam) bulan jika tidak ada kekurangan syarat. Biaya pengurusan akan berbeda dan bergantung pada lokasi serta luas tanah.

Ruang Kelas Untuk Memastikan Kebenaran Berita.

Friday, 23 December 2016

23:49

Sekarang ini pasti banyak dari anda yang sudah merasakan dampak dari sebuah berita bohong.

Baru-baru ini di Amerika ada seorang yang menembakkan senjata AR-15 yang merupakan senjata serang yang sangat berbahaya  ke dalam suatu restoran di karenakan dia percaya bahwa ada pekerja-pekerja anak kecil di dalam restoran tersebut dan ketika di tangkap dan di interogasi, orang itu mengaku bahwa ia melihat sebuah video di youtube yang menceritakan tentang teori bahwa restoran itu merupakan sebuah jaringan yang menyediakan prostitusi anak di bawah usia.

Di Indonesia juga terjadi sebuah kebohongan berita yang di ciptakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab dengan membuat suatu postingan yang berisikan tentang kejahatan seseorang yang telah menistakan agama yang akhirnya orang tersebut di jadikan tersangka dan sedang menjalani sidang.

Orang-orang di Amerika saja mudah percaya dengan berita-berita bohong ini apalagi di Indonesia yang merupakan orang-orang yang pendidikannya masih jauh di bawah pendidikan negara-negara lain seperti tetangga kita di Singapura ataupun Malaysia.

Sebagai bangsa yang mempunyai suku, ras, agama yang berbeda sangat banyak jumlahnya dan merupakan penduduk terbanyak ke 4 di seluruh dunia, maka Indonesia menghadapi sebuah dilema dalam mengolah informasi.

Banyaknya situs-situs penyebar berita bohong dan dengan mudah di sebarkan melalui social media seperti facebook, twitter dan lainnya maka infromasi sekecil apapun akan cepat menjadi viral asalkan di sematkan topik topik yang sangat mudah memancing emosi seperti agama, suku dan ras.

Indonesia harus bisa lebih pintar dalam mengelola berita, jangan mudah untuk terpancing percaya begitu saja dengan berita yang di sebarkan oleh teman-teman anda di facebook, twitter dan lain-lain.
Sayangnya banyak orang yang tidak mau capek dengan mengecek kebenaran suatu berita di karenakan mereka tidak mau dan tidak punya waktu untuk melakukan pengecekan.

Di sini peran pemerintah yang di harapkan bisa menjadi garda dalam pencegahan berita bohong yang di sebarkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab yang mengatas namakan agama, suku dan ras.

Bila pemerintah bisa bertindak tegas terhadap penyebar berita bohong maka lambat laun orang akan menjadi lebih kritis dan hati-hati dalam melakukan penyebaran berita baik bohong maupun berita nyata.

Peran orang tua dan guru di sekolah pun seharusnya di giatkan dengan membahas sebuah topik yang sedang hangat di media, baik social ataupun traditional dan di harapkan dengan ada nya pembahasan ini maka anak murid akan menjadi lebih teliti dalam mencerna sebuah berita. Sosial media merupakan suatu topic yang harus di bahas setidaknya seminggu sekali dalam kelas. Dan murid pun bisa berdebat dan mencari fakta tentang berita tersebut.

Suka atau tidak suka, informasi merupakan alat propaganda yang mudah di lakukan oleh semua orang, dengan mengelola informasi maka anda mengelola suatu masyarakat, tidak masalah masyarakat mana yang di maksud asalkan mereka bisa membaca suatu infromasi saja sudah cukup.

Surat kabar traditional mapun online harus mempunyai kredibelitas yang di wajibkan dalam memuat suatu berita di situs maupun cetaknya mereka. Apabila tidak memenuhi syarat-syarat kredibilitas maka perusahaan media tersebut harus di cabut ijinnya.

Penipuan Telkomsel Roaming International

Penipuan Telkomsel Roaming International

DH telkomsel.

Sy pengguna telkomsel Paket roaming utk Asia selama 7 hari dengan paket 3in1 dengan harga 600rb untuk pemakaian Hong Kong dan China pd tgl 5-11 des 2015.

Screenshot 2015-12-26 10.32.48
Dengan pemberitahuan pada pengaktifan bahwa saya memiliki lebih dari 1GB data. 

Setelah melakukan aktivasi setibanya di Hong Kong dan sukses menggunakan iPhone sy selama 1 hari saja, setelah itu penggunaan akses internet pada hari kedua dan seterusnya terhambat dengan speed yang sangat pelan.

IMG_3953Pengecekan speed pada malam hari Tanggal 6 Desember 2015 Jam 23.00

IMG_3956Pengecekan speed pada esok hari nya tanggal 7 Desember 2015 jam 11.28 siang..

Saya mencoba melakukan komplain melalui twitter @telkomsel selama beberapa hari juga tidak ada hasil sehingga sy harus beli kartu lokal dengan bahasa yg terbatas agar komunikasi tetap lancar.

Setibanya sy di Indonesia sy komplain berulang kali baru mendapatkan jawaban bahwa paket roaming international itu ada “fair usage”.

Yang sy kecewakan adalah :

  1. Tidak ada pemberitahuan mengenai fair usage pada saat pengaktifan maupun informasi di website telkomsel.
  2. Staff twitter telkomsel pun tidak tahu secara jelas berapa fair usage yang di dapatkan untuk akses roaming tersebut.
  3. Tidak ada nya akses internet selama sy di luar negri menyebabkan sy hrs beli kartu lokal yg sangat mahal.
  4. Tidak ada solusi dari telkomsel yang telah merugikan sy 600rb dan extra 400rb hanya demi mendapatkan akses internet.
  5. Barusan sy dpt info bahwa fair usage untuk roaming adalah 10mb selama 7 hari di luar negri. Berarti sy bayar 60rb / mb. Jauh lebih mahal dari manapun.
  6. Dengan fair usage sebesar 10mb selama 7 hari adalah keterbelakangan teknologi yang sudah 4G ini. Apalagi penggunaan smartphone akan menghabiskan 10mb dalam hitungan menit.

Dengan ini sy mohon di lakukan refund utk tagihan roaming tersebut yg jelas dengan tidak mencantumkan “fair usage” pada pengaktifan dan tidak ada nya informasi di website adalah penipuan terhadap konsumen yang mengharapkan ketenangan selama di luar negri.

Sy harapkan itikad baik telkomsel dalam mengurus masalah roaming international ini.

Happy New Year 2013

Its the closing day of 2012, we have had great year as foretold, we finished the house loan, car loan and purchase the new innova for our growing family. Hopefully 2013 will be better for our family and shop.
Today we had breakfast at home, bought the nasi uduk and soto mie for susters and maid, then went to Senayan City to watch Jack Reacher as Kenzie is spending time in Lolipop dinner at Pizza Express (Marzano) then going home for a quiet night together, took couple of pictures using iPad and laugh together. Nothing beats a family time together.
I love the Sujantos. <3 -- As for pockethp, we have plan to turn the toko lt dasar into an accessories specialist for iOS. Let's make it happen 2013. Love pockethp.com -- Also we celebrated with the neighbors and gave them a few fireworks to put together. Happy New Year from 103a